Kamis, 17 November 2011

SINKRONISASI ROHANI DENGAN KEDIRIAN (KEAKUAN)

1. Hal rohani tidak menyentuh kedirian (keakuan)
1 KoR 11:17-22, 17 Dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan-pertemuanmu tidak mendatangkan kebaikan, tetapi mendatangkan keburukan. 18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya. 19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji. 20 Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan. 21 Sebab pada perjamuan itu tiap-tiap orang memakan dahulu makanannya sendiri, sehingga yang seorang lapar dan yang lain mabuk. 22 Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? Atau maukah kamu menghinakan Jemaat Allah dan memalukan orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa? Apakah yang kukatakan kepada kamu? Memuji kamu? Dalam hal ini aku tidak memuji.
a. Pertemuan (ibadah) tidak mendatangkan kebaikan (ayat 17)
b. Akibatnya timbul perpecahan (ayat 18)
c. Orang kaya bertindak egois (ayat 20)
d. Orang kaya makan kenyang bahkan mabuk (ayat 21)
e. Memalukan orang yang tidak berpunya (ayat 22)
2. Mercusuar rohani tanpa kedirian, tidak dikenal oleh Yesus.
Mat 7:21-23, 21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
a. Berseru, “Tuhan”—Ibadah?
b. bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu—aktifitas?
c. Jawab Yesus, “Aku tidak mengenal kamu”—orang luar? Gal 4:9 Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya?
3. Mulai dari Roh, diakhiri dengan daging (kedirian) Gal 3:3 Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?
a. Diawali dengan unsur rohani (P Alkitab, Doa bersama dll)
b. Diakhiri dengan daging (kedirian) Gal 5:19-21)
c. Orang yang hidup dalam daging adalah musuh Allah. (Rom 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.)
4. Menata kedirian dalam rumah tangga sebagai komunitas kecil.
1 Tim 3:5-7, 5 Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah? 6 Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis. 7 Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.
a. Mengepalai (mengurus-IBIS) keluarganya (to rule-ASV,KJV; to control-CEV; to lead-ERV), kemudian mengurus jemaat.
b. Bisa sombong (tidak sadar diri) hidup dengan jemawa, masih merasa rohani sehingga menganggap tindakannya juga rohani. Bd 2 Tim 3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
c. Tidak fokus pada tugas. Mat 24:45-50, 45 "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? 46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. 48 Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: 49 Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, 50 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, 51 dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi."
d. Ada serangan iblis/jerat iblis. Wah 3:17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,
5. Gereja besar di jual di Amerika. Crystal Cathedral Plans to Sell Church to Exit Bankruptcy. [ Christian Post UPDATE May 28, 2011: Crystal Cathedral Sells Property for $46 Million to Real Estate Developer]
a. Kadang tanpa disadari kegiatan rohani yang sangat besar tidak bergerak bersama hal kedirian. Bandingkan dengan beberapa contoh dalam Alkitab:
 Anak-anak imam Eli, yang merasa masih dalam lingkungan rohani, memiliki jabatan rohani, lengkap dengan agenda/kegiatan rohani, ternyata telah melenceng cari kehendak Allah; bahkan menurut penilaian Allah, perbuatan mereka sangat menghina Allah. 1 Sam 2:12-17
 Anak-anak nabi Samuel yang tidak mengikuti kehidupan ayah mereka, hidup hanya untuk mengejar laba dan menerima suap dan memutarbalikkan keadilan. 1 Sam 8:1-3
 Nadab dan Abihu dalam seragam keimaman, dengan peralatan persembahan ukupan telah melakukan perbuatan keji dengan membawa api yang lain yang tidak dipeintahkan Allah. Im 10:1-3
 Anak-anak iman Skewa yang hidup dalam perdukunan tidak lagi mengikuti pola keimaman Yahudi. Kis 19:13,14
b. Mujizat harus dihayati sebagai kehidupan.
 Lihat celaan Tuhan terhadap Korazin dan Kapernaum. Luk 10:13
 Jemaat Efesus, dengan segala perbuatan yang besar tetapi meninggalkan kasih yang mula-mula Wah 2:2-5
 Kehidupan orang Israel dalam perjalan dari Mesir ke Tanah Kanaan. Kel 16:35

Tidak ada komentar: