Kamis, 17 November 2011

Hidup sebagai orang Kristen

Kristen artinya pengikut Yesus
Jika orang Kristen hidup sesuai dengan pengjaran Kristus, maka semua orang India akan menjadi Kristen. “If Christians would really live according to the teachings of Christ, as found in the Bible, all of India would be Christian today.” Mahatma Gandi
“I like your Christ, I do not like your Christians. Your Christians are so unlike your Christ.” Mahatma Gandi (Mahatma Gandi adalah seorang pemimpin yang sangat dihormati di sejarah modern. Meskipiun Gandi seorang beragama Hindu, dia sangat mengagumi Yesus dan sering mengutip Khotbah di atas Bukit. Sekali ketika misionari E. Stanly Jones bertemu dengan Gandi, dia menanyakan kepadanya, “Tuan Gandi, meski anda sering mengutip perkataan Yesus, mengapa anda pada kenyataannya menolak menyerah menjadi pengikutNya?”
Gandi menjawab, “Oh, saya tidak menolak Kristusmu. Saya mengasihi Kristusmu. Hanya saja begitu banyak diantara kelian orang Kristen tidak seperti Kristusmu.”
Rupanya penolakan Gandi akan Kekristenan bermuladari satu peristiwa yang tejadi ketika ia masih seorang pengacara pemuda di Afrika selatan. Dia telah tertarik kepada iman Kristen, dia telah mempelajari Alkitab dan pengajaran Yesus, dan telah bersungguh menyelidiki menjadi seorang Kristen. Dan kemudian dia memutuskan untuk menhadiri satu ibadah Krisen. Begitu ia melangkah kali ke gereja besar kemana ia berniat untuk pergi, soerang pemimpim kulit putih Afrika Selatan dari gereja itu menghalangi jalanya di pintu. “Kemana negkau sedang pergi, orang kafir? Orang itu bertanya dalam nada suara berteriak.
Gandi menjawab, “Saya suka menghadiri ibadah di sini.”
Peemimpin gereja itu membentak dia, “Di sini tidak ada tempat bagi orang kafir dalam gereja ini. Keluar dari di sini atau saya akan panggil wakilku melempar engkau ke jalan,”
Dari sejak saat itu, Gandi berkata, dia memutuskan untuk mengambil apa yang baik dalam Kekristenan, tetapi tidak akan pernah lagi ia mempertimbangkan menjadi seorang Kristen jika itu berarti menjadi bagian dari gereja.
1. MENJADI KRISTEN ITU MUDAH TETAPI HIDUP SEBAGAI ORANG KRISTEN ITU PERJUANGAN
Langkah iman pertama menjadi Kristen:
 Percaya Yesus sebagai Juruselamat (waktu altar call- hingga setia terus melakukan Firman)
 Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat
 Mengakui dan memohon ampun dosa lalu bertobat
 Dibaptis air dan dibaptis Roh
2. HIDUP SEBAGAI ORANG KRISTEN
a. Mengenal Yesus lewat Firman dan wahyu (Mat 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga).
b. Hidup dalam Roh (Rom 8:5-8 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. 6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah). Gal 5:16-21 16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging--karena keduanya bertentangan--sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat. 19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,Gal 5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.)
c. Meninggalkan hidup dan menerima hidup baru. 2 Kor 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.); Rom 11:17-24 17 Karena itu apabila beberapa cabang telah dipatahkan dan kamu sebagai tunas liar telah dicangkokkan di antaranya dan turut mendapat bagian dalam akar pohon zaitun yang penuh getah, 18 janganlah kamu bermegah terhadap cabang-cabang itu! Jikalau kamu bermegah, ingatlah, bahwa bukan kamu yang menopang akar itu, melainkan akar itu yang menopang kamu. 19 Mungkin kamu akan berkata: ada cabang-cabang yang dipatahkan, supaya aku dicangkokkan di antaranya sebagai tunas. 20 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah! 21 Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, Ia juga tidak akan menyayangkan kamu. 22 Sebab itu perhatikanlah kemurahan Allah dan juga kekerasan-Nya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahan-Nya, yaitu jika kamu tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamupun akan dipotong juga. 23 Tetapi merekapun akan dicangkokkan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidakpercayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali. 24 Sebab jika kamu telah dipotong sebagai cabang dari pohon zaitun liar, dan bertentangan dengan keadaanmu itu kamu telah dicangkokkan pada pohon zaitun sejati, terlebih lagi mereka ini, yang menurut asal mereka akan dicangkokkan pada pohon zaitun mereka sendiri.
d. Maju terus dalam iman dengan tekun. Fil 3:13-14 13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, 14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.
e. Tekun melakukan Firman Mat 7:21-25 21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" 24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. 25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.
3. Banyak orang yang tidak percaya Yesus akhirnya menolak percaya Yesus karena melihat cara hidup orang Kristen yang salah

Tidak ada komentar: