Kamis, 05 Juli 2012

PELAYANAN KONSELING DAN PELEPASAN

PELAYANAN KONSELING DAN PELEPASAN

1. Mengapa harus ada Pelepasan dan Konseling? Karena:
a. Pada dasarnya setiap orang diikat (ditunggui) oleh roh jahat sebelum ia dilepaskan olah Yesus.
 Luk 11:20 -22 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. Apabila seorang yang kuat dan yang lengkap bersenjata menjaga rumahnya sendiri, maka amanlah segala miliknya. Tetapi jika seorang yang lebih kuat dari padanya menyerang dan mengalahkannya, maka orang itu akan merampas perlengkapan senjata, yang diandalkannya, dan akan membagi-bagikan rampasannya.
 Ef 2:1-3 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka. Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.
b. Oleh keterikatan roh jahat itu, manusia seringkali terikat dalam karakter dan masalah meskipun ia sudah aktif ke gereja.
 Kol 3:5-8 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka). Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.
 Ef 4:28-29 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
c. Dengan demikian banyak orang merasa gagal untuk pengikut Yesus.
 Contoh: Yudas meski ikut Yesus, tetapi terikat dengan penccurian.
 Yoh_12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

2. Pengenalan ketrikatan roh jahat pada seseorang : (seperti tepi pantai pada saat air surut maka aka terlihat segala yang kotor dan tonjolan batu-batu yang tidak teratur, akan sangat berbeda situasinya jika air sedang pasang maka semua akan terlihat indah)
a. Sudah terlihat dari tingkah laku yang buruk contoh : kemarahan, mencuri, berontak kepada orang tua dll
b. Pengenalan secara Phsikologi, contoh: mengelamun, temperamental.
c. Ada kelainan tingkah laku, contoh : perempuan sifat tomboy dan sebaliknya, tanpa sebab tiba tiba tidak mau kesekolah, perasaan takut keluar malam

3. Memahami keterikatan melalui Firman Tuhan. Karena seringkali seseorang tahu ada masalah dalam dirinya tetapi dia tidak tahu bagaimana mengatasi masalah itu.
 Yoh 8:31-32 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

4. Memahami keterikatan melalui doa dan puasa. Ada juga beberapa orang belum juga memahami mengapa dia mengalami kegagalan ataupun masalah meski ia sudah di konseling dan dibacakan Firman Tuhan, untuk mengungkap keadaan yang sebenarnya orang tersbut perlu diajak doa dan puasa.
 Mat 17:21 Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.
5. Konseling untuk memahami akar keterikatan atau masalah:
a. Orang tersebut harus dilayani secara pribadi atau di konseling. Melalui konseling, dan mendengarkan masaalah dari yang besangkutan (konsele) bisa didapatkan akar permasalahannya.
b. Perlu mengadakan pendekatan dan pengenalan dengan yang bersangkutan (konsele) agar lebih mengetahu sifat dan kebiasaannya.
c. Agar lebih menolong yang besangkutan (konsele) bisa juga dengan membaca Firman Tuhan.
 Contonhnya dengan membaca Galatia 5 : 19 – 21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
 Tanyakan pada konsele, terikat dengan hal mana saja menurut ayat di atas, sehingga dapat diakui kepada Tuhan dan doakan.
 Menggali latar belakang keluarga dan pribadi dari dosa penyembahan berhala, kebiasaan ayah ibu atau kebiasaan keluarga, contoh : pemabuk, penjudi, tidak pernah dihargai ayah ibu, suka bertengkar yg tidak pernah diselesaikan

6. Doa Pelepasan untuk penyelesaian masalah :
a. Mengakui akar permasalahan dengan jujur termasuk dosa perbuatan dan penyembahan berhala
b. Mengundang kehadiran Tuhan Jesus untuk melepaskannya. (Lukas 11 : 20 – 24)
c. Mengundang Yesus Kristus menjadi Tuhan dalam hidup konsele. ( Wahyu 3 : 20)
d. Memohon Darah Yesus untuk mnyucikan segala dosa dan kesalahan. (Yohanes 1 : 7, 9)
e. Khusus dalam dosa penyembahan berhala harus memutuskan hubungan mengadakan doa penyangkalan, doa pemutusan hubungan termasuk hubungan dengan kepercayaan lama dari konsele seperti: jimat, pedukunan, hafalan/bacaan dan ramalan ramalan.
f. Dosa pemberontakkan kepada orang tua harus minta ampun dan menyelesaikan dengan orang tua yang bersangkutan
g. Yang berhubungan dengan dosa sex : lesbian, homosex, memutuskan dengan orang yg pernah konsele mengadakan hubungan tersebut dan berjanji untuk tidak mengulanginya kembali.
h. Konselor berdoa dan melepaskan konsele dari semua keterikatan kuasa gelap dan penyembahan berhala didalam nama Tuhan Yesus (Matius 18 : 18)
i. Mengajak konsele untuk terlibat dalam semua kegiatan Ibadah di gereja atau kalau konsele belum ikut pemuridan segera mengikuti kelas dasar Kekeristenan.

6 komentar:

Bob Shinobi mengatakan...

Syaloom..
Tolong doakan saya karna saya merasa memberontak kepada Ayah saya karna keputusan dia untuk menikah lagi,..

lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengampuni ayah saya dan lepas dari segala dosa perzinahan yang saya lakukan.

Mohon kirim artikel yg dapat saya jadikan pegangan ke email saya.
bobbyagus20@gmail.com
Terimakasih, GBU.

Unknown mengatakan...

Saya dengan stevan corry polanco, dari awal tahun 2018 menjadi marketing freelance perumahan tapi belum menjual satu unit pun, Mohon bantuan doa untuk di bukakan pintu rezekj oleh TUHAN YESUS, karena saya harus membayar uang kuliah tingkat akhir proposal skripsi. Amin

Unknown mengatakan...

Openmind - Online Counseling
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.om.openmind

Unknown mengatakan...

Saya seorang wanita yg sudah memiliki satu anak dari lelaki yg tidak pernah menikahi saya.. saya tidak menyesali atas kehadiran anak ini. Yg sya sesali mengapa dan mengapa sya harus jatung di lubang yg sama utk persoalan pendamping hidup.. sya slalu gagal dlam menjalin hubungan dengan org yg sya cintai. Sya berpikir apa yg salah dengan diri sya? Stiap hari nya sya bertanya" sama Tuhan apakah ini semua kemauan Tuhan utk sya selalu gagal dlm membina suatu hubungan yg serius? Sya tidak menginginkan harta yg berlimpah utk kebahagiaan sya. Sya hnya butuh seorang pendamping yg bertanggung jawab dn mau mnerima sya dn anak sya itu sudah kebih dari cukup! Itu yg slalu sya minta sama Tuhan tapi sayang nya Tuhan tidak pernah menjawabnya.. Tuhan slalu ingin sya gagal! Sya terjatuh! Sya menangis! Dan kecewa! Apakah sejahat itu keadilan yg Tuhan berikan urk sya???? Ketika sya senang dn sedih sya slalu dtng ke Tuhan utk curhat krna mmg sya jauh dari kluarga dan org tua sya. Jujur sja mmg dlm mnjalin hubungan ada hawa napsu yg slalu sya lakukan tapi jauh di dlm lubuk hati sya... sya tidak ingin berbuat sperti itu. Sya hanya ingin hubungan yg serius dn mnjadi sah di hadapan Tuhan Yesus.. tapi nyatanya terkadang harapan yg sya inginkan tidak sesuai dgn yg Tuhan mungkin sudah rencanakan. Dan disitu juga sya bertanya" terus dan terus... Maka apa yg Tuhan inginkan dan mau dari sya??? Jika sya harus berubah sya siap.. sya sudah mencoba tpi sya tidak pernah dapat apa yg sya inginkan dlm hidup sya! Sya sdikit kecewa dgn Tuhan Yesus krna ia tidak pernah mendengarkan doa sya utk sya merasakan suatu pernikaha dgn org yg tepat dn yg sya cintai.. sebab ank sya membutuhkan juga sesosok figur ayah dlm hidup nya tapi sya slalu mendapati lelaki yg salah dn harus jatuh di lubang yg sama lagi!!! Sehingga skrg sya putus asa... sya kecewa, sya sedih! Stiap hari nya sya menangis krna sya slalu ditinghalkan oleh lelaki yg sya cintai.! Sya semoat berdoa beberapa hari ini dlm doa sya.. sya merubah semua keinginan awal sya... sya hanya berdoa jika Tuhan sdh tidak memiliki rencana utk kehidupan sya... tolong secepat nya Tuhan bikin sya dn ank sya pergi dari dunia ini.. bahkan sya menyumoahi diri sya utk kecelakaan dsb bersama ank sya supaya sya tidak perlu merasakan kepahitan ini lagi :'(

God's able mengatakan...

utk Unknown yg menulis :
Saya seorang wanita yg sudah memiliki satu anak dari lelaki yg tidak pernah menikahi saya.. saya tidak menyesali atas kehadiran anak ini. Yg sya sesali mengapa dan mengapa sya harus jatung di lubang yg sama utk persoalan pendamping hidup.. sya slalu gagal dlam menjalin hubungan dengan org yg sya cintai. dst...

saya bantu jawab aja :

tujuan/motivasi anda menikah sudah benar atau tidak...?

apakah anda sudah membereskan dosa2 di masa lalu..?

apakah anda sudah memilih orang yg tepat utk jadi pendamping anda..?

Bereskan dahulu dosa2 di masa lalu anda, datangi Pemimpin Rohani Gereja anda, atau datanglah kepada pelayanan Pendoa untuk pemberesan masa lalu anda.
Kalau anda belum pemberesan, maka hal tsb akan ber-ulang2 terjadi.

karena rantai dosa harus diputuskan dengan tuntassss..

Kemudian, setelah beres, jalani kehidupan yg benar, tidak boleh curiga sama Tuhan. karena Tuhan sangat sangat baik dalam kehidupan rohani saya.

kemudian...

Bukankah setiap keputusan & pilihan anda saat memilih seseorang sebagai pendamping hidup : adalah keputusan anda sendiri ?

Libatkan Tuhan untuk memilih pendamping hidup !
Jangan menyalahkan Tuhan atas keputusan & pilihan pribadi anda.
karena anda terburu2 memilih pasangan.

Dan ingat, saat anda memilih pasangan lagi, bawa doa, minta Tuhan singkapkan segala sesuatu tentang orang tsb.

miliki STANDARD YG BENAR SAAT MEMILIH PASANGAN.
Jangan hanya karena anda sudah pernah jatuh, lantas anda meurunkan STANDARD2 YG BENAR saat memilih pasangan.

Tuhan Yesus memberkati

Unknown mengatakan...

Saya seorang wanita yang d gangu oleh roh jahat,tepatnya saya di kirimin orang guna2/pelet agar saya sakit...dan saya merasa sikap & perilaku saya yg TDK wajar... Tlong doakan saya